19
Apr
10

Pelajar SMA Se-Jabodetabek Meriahkan WFJ Warta Kota

SEKITAR 200 pelajar SMA se-Jabodetabek Ikut ambil bagian dalam acara Workshop Fotografi Jurnalistik (WFJ) di Aula Kampus Universitas Kristen Indonesia, Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (17/4). WFJ bertema Indahnya Pesona Nusantara dengan Keragaman Budaya itu digagas Harian Warta Kota dan Universitas Kristen Indonesia (UKI). Workshop Itu dibawakan oleh Arbain Rambey, fotografer senior Harian Kompas.

Arbain memberikan kiat-kiat praktis, teori, dan kemajuan teknologi fotografi singkat yang mudah dipahami para pencinta dunia fotografi pemula. “Kunci pertama karya fotografi harus dengan hati dan berlatih terus berlatih. Tanpa Itu kita tidak akan bisa mewujudkan hasil yang maksimal,” katanya.

Dia mengatakan, saat Ini kamera sudah dilengkapi teknologi digital. Oleh karena Itu, untuk mengasah kemampuan fotografi, apalagi yang baru memiliki kamera, usahakan mengambil objek foto sebanyak-banyaknya. “Apa tujuannya? Pertama untuk mengenal karakter kamera Anda. Setiap kamera memiliki karakter yang berbeda bahkan untuk Jenis yang sama. Kedua untuk melatih teknik komposisi.” katanya.

Menurut Arbain, pada dasarnya memotret tidak ada berbeda dengan melukis. Sama-sama memindahkan objek ke sebuah media cetak. Bedanya, memotret adalah melukis dengan cahaya. Merekam sesuatu di hadapan kita untuk disimpan dalam frame kamera. Komposisi adalah bagaimana kita meletakkan setiap objek yang ada di depan kita dalam kotak frame foto. “Di mana letak orang sebafknya? DI mana letak bunga? Seperti itulah kira-kira,” ujarnya.

Acara uwfc/isopyang dimode-ratorl Umar Widodo, fotografer Harian Warta Kota, itu Juga memberi kesempatan para peserta untuk melakukan tanya Jawab kepada narasumber. Dalam WJF Itu Juga digelar lomba foto. Selepas mengikuti workshop di kampus UKI.peserta dengan menggunakan bus yang disediakan panitia menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMI1), Jakarta Timur. Lokasi TMII dijadikan objek dalam lomba foto tersebut. Pemenang lomba foto Itu mendapatkan hadiah Pemenang 1 Rp 1.000.000 + Piagam; Pemenang 2 Rp 750.000 + Piagam; dan Pemenang 3 Rp 500.000 + Piagam.

“Workshop Ini seru. Kalau selama Ini kita motret asal ceprel, sekarang Jadi tahu bagaimana memotret secara tepat agarhasilnya bagus,” kata Novia Nurfitrianl (17). siswi SMAN I Clleungsi. Bogor. Desy Daryantl (17). Juga siswa SMAN I Cileungsi. menambahkan, “Aku suka motret karena foto tidak cuma bisa menghasilkan karya yang Indah, tapi Juga bisa menyampaikan pesan lewat bahasa gambar. Tadi Juga ditekankan oleh Pak Arbain.” Desy mengaku bercita-cita menjadi pewarta foto.

Sementara Itu, Suryo Abadi, Kepala Humas UKI, mengatakan,pihaknya mendukung kegiataan tersebut. “Event seperti Ini bisa sekaligus memberikan gambaran kepada pelajar SMA bahwa UKI Juga mendukung kegiatan seperti Ini.” kata Suryo. UKI sendiri, katanya, memiliki Club Fotografi dengan sebutan Fokus 82 yang dimotori Fakultas Fisipol. Pretty Siahaan, salah satu panitia WFJ. mengatakan, tujuan WFJ adalah untuk memberikan kegiatan positif sekaligus memperkenalkan Jurnalistik fotografi kepada kawula muda. (Ign).

Advertisements

0 Responses to “Pelajar SMA Se-Jabodetabek Meriahkan WFJ Warta Kota”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 5,071 hits
April 2010
M T W T F S S
    May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Seputar Kegiatan UKI

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.


%d bloggers like this: